BLACK HOLE ??

Didalam Encyclopedia dijelaskan bahwa, Lubang hitam (Black Hole) adalah suatu tempat dialam semesta yang sangat gelap dan hampir tidak terlihat oleh pengamatan apapun. Tempat ini mempunyai Gravitasi yang sangat besar, benda apapun yang masuk kedalam tempat ini, tidak akan bisa keluar lagi, termasuk cahaya. Mungkin ini penyebab sehingga tempat ini tidak teramati. Sebuah lubang hitam merupakan tempat yang sangat padat dan massa jenis yang sangat besar. Sehingga tempat ini disebut dengan tempat dimana terjadi fenomena gravitasi ekstrim. Bayangkan saja, cahaya pun tak bisa lolos dari tempat ini. Istilah lubang hitam pertama kali diusulkan oleh Archibald Wheeler pada tahun 1967. Kita tidak bisa mengati lubang hitam, tetapi kita bisa mendeteksi keberadaannya setiap ada materi yang tertarik dan jatuh kedalamnya (mis: planet). Dengan cara ini para astronot telah berhasil mendeteksi massa dari sebuah lubang hitam. 
Para astronom sekarang memprediksi bahwa terdapat milyaran lubang hitam dialam semesta ini. Yang terdeteksi dari sebuah lubang hitam adalam gelombang gravitasi yang dihasilkannya. Mereka juga melakukan hal ini dengan mengamati cahaya tampak, sinar X dan gelombang radio yang berasal dari lingkungan sekitar dari sebuah lubang hitam. Sebagai contoh: Ketika sebuah bintang mengorbit disekitar lubang hitam kita dapat mengukur kecepatan bintang tersebut dengan mengamati cahaya tampak yang dihasilkannya. Dengan pengetahuan tentang kecepatan ini, selanjutnya dengan memakai Hukum Gravitasi kita dapat memperkirakan bahwa bintang ini mengorbit disekitar lubang hitam berdasarkan kecepatan orbitnya. 
 Gambar: Sebuah lubang hitam (Image From: Wikipedia.org) Sampai saat ini para astronom hanya sampai pada tahap perkiraan tentang keberadaan lubang hitam. Mereka belum bisa memberikan bukti yang benar-benar akurat tentang keberadaan benda ini. Tetapi dengan segala perkembangan instrumen ilmu pengetahuan saat ini, pengamatan yang lebih baik bisa kita lakukan.

Sumber : https://artikelnesia.com/2011/08/29/apa-itu-lubang-hitam-black-hole/
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM

TERAPAN FLUIDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

FISIKA DALAM ILMU MEDIS